Minggu, 11 Desember 2016

EMINA COSMETIC

Analisis Strategi Komunikasi Brand Kosmetik
“EMINA”
(Oleh: Indah Cahyani – L1B015015)


A. Introducing

Emina merupakan brand kosmetik lokal yang baru diluncurkan di pasaran Indonesia pada tahun 2015 kemarin. Melalui tagline “Born To Be Loved” Emina mengingatkan bahwa setiap wanita memiliki keunikan dan kecantikannya masing-masing. Tidak ada yang perlu ditutupi atau pun diperbaiki dari penampilan fisik seseorang, Emina hanya membantu menonjolkan kecantikan itu sendiri dengan makeup yang simple dan playful. Selain itu Emina juga menamkan pesan positif kepada para wanita agar menjadi pribadi yang lebih baik dengan menjadi diri sendiri, karena keunikan yang masing-masing orang miliki itu lah yang membuat diri mereka menjadi lovable. Selain itu Emina Juga meiliki filosofi Love, Joy, dan Dream yaitu:

















B. Analisis SWOT


C. Analisis Strategi Komunikasi
1. Brand Potitioning
Parameter penilaian yang digunakan dilihat dari aspek kualitas yang berbanding dengan harga. Dari gambar ini dapat diketahui bahwa Emina memposisikan dirinya sebagai Brand dengan harga terjangkau namun  memiliki kualitas yang bagus jika dibandingkan dengan kompetitornya baik dari dalam mau pun luar negeri.



2. Target Konsumen:
Emina cosmetic masih satu pabrik dengan Brand ternama Wardah dan Make Over. Hanya saja target konsumennya berbeda. Meskipun wardah juga memiliki produk yang yang menyasar remaja, tetapi secara keseluruhan Wardah menyasar wanita dewasa, sedangan produk Make Over lebih didominan professional. Emina sendiri hadir untuk para wanita dengan kisaran umur 15-25, terutama remaja yang baru belajar  dan suka mengeksplorasi makeup. Disaat kebanyakan orang berpikir bahwa beauty is pain, Emina justru ingin membawa konsep beauty is fun dengan produknya yang memiliki warna yang trendy dan girly namun aktif dan simple. Adapun target kelas sosialnya adalah B, B+, B-, C.

3. Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen saat ini (current behavior) adalah mereka menginginkan produk kosmetik yang cocok untuk kulit remaja mereka namun dengan harga yang terjangkau. Selain itu konsumen ingin terlihat keren saat membawa dan menggunakan produk yang desainnya juga bisa mewakili kepribadian mereka. Biasanya produk kosmetik yang demikian cukup mahal sehingga tidak semua orang mmampu membelinya. Untuk itu Emina  mengeluarkan produk kosmetik dengan harga yang terjangkau  dan desain packaging nya yang  didodminasi oleh warna pastel  yang playful, simple, dan juga chic. Emina berharap bisa mewujudkan keinginan konsumen dan menjadi solusi dalam hal makeup yang juga memiliki image cool dan lovable. Dengan begitu konsumen dapat menggunakan produk tersebut di depan publik dan berbagi dengan teman-teman mereka.

4. Pemilihan Media Pemasaran
a. Above The Line:
·            Creative print ad
·            Thematic TVC
·            Magazine Coverage
·            Digital Banner
·            Youtube Ad

b. Digital:
·            Free sample Giveaway
·            Digital contest
·            Blogger and artist endorsement
·            Blogger Giveaway at counter

c. Event
·            Themed Launching Event
·            Beauty & Nail Cass
·            GT & MT Activation


D. Penilaian
Sebagai remaja putri yang menginginkan produk makeup dengan harga murah namun memiliki kualitas yang bagus, saya rasa Emina adalah solusinya. Lalu dilihat dari strategi komunikasi pemasarannya, saya rasa apa yang Emina telah lakukan cukup efektif. Saya adalah orang yang cukup aktif di social media seperti Instagram dan saya mem-follow beberapa akun majalah remaja di Indonesia seperti Kawanku, Cosmo Girl, Go Girl, dan lain-lainnya. Melalui akun-akun majalah tersebut Emina cukup aktif dalam melakukan promosi dengan bekerjasama dengan majalah-majalah tersebut untuk mengadakan Giveaway. Saya bahkan sempat berpartisipasi dalam Giveaway dari Majalah Kawanku dan memenangkan 1 Makeup hamper dari produk Emina itu sendiri. Sebagai konsumen saya cukup terkesan dengan kualitas dan desain pacakaging yang ditawarkan, dan setelah mendapatkan produk ini secara gratis saya berniat untuk membeli lagi nantinya. Saya juga yakin bahwa beberapa pemenang lainnya yang mengikuti giveaway ini pasti mengalami pengalaman yang sama dengans aya dalam menggunakan produk ini, mereka mungkin akan melanjutkan penggunaan produk ini untuk seterusnya. Hal ini menjadi bukti bahwa strategi komunikasi yang digunakan melalui Giveaway cukup efektif untuk memasarkan produk emina.
Selain Giveaway, Emina juga rajin mengadakan event  beauty class dengan menggandeng beauty vlogger terkenal seperti misalnya lizzie parra, dan lain-lainnya.  Ada juga kontes membuat ilustrasi dan Emina turut bekerja sama dalam event jazz goes to campus.


Sumber Referensi:




1 komentar:

  1. Terimakasih untuk informasinya ya, bermanfaat banget.
    Oh ya, sekedar nambahin informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Rental AC Tangerang untuk keperluan berbagai acara seperti konser, pernikahan, meetup, atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik. Dengan senang hati, kami akan siap membantu Anda.

    Terimakasih lagi min,
    Salam blogger.

    BalasHapus

COPYRIGHT © 2016 BASIS KOMUNIKASI