(oleh : Erisa
Septia Utami L1B015006 )
v Analisis
SWOT Wardah Cosmetic
-
Strength : produk pertama yang mengusung kata halal dalam produk
kecantikan,
menyediakan banyak produk kecantikan, harga yang terjangkau.
menyediakan banyak produk kecantikan, harga yang terjangkau.
-
Weakness : ruang gerak bisnis terbatas karena mengusung kata halal
-
Opportunity : terkenal dikalangan anak muda, produk kosmetik halal dan sehat
akan
booming dan menjadi trend masyarakat Indonesia yang sebagian besar
penduduknya memeluk agama Islam.
booming dan menjadi trend masyarakat Indonesia yang sebagian besar
penduduknya memeluk agama Islam.
-
Threat :
masyarakat kurang menyadari petingnya ke-halal-an produk kosmetik
yang ditawarkan wardah
yang ditawarkan wardah
v Strategi
Pemasaran
-
Pengusungan label “produk halal” membuat
wardah harus membangun pencitraan yang mendukung produk dengan menampilkan
artis menggunakan jilbab untuk memasarkan produk.
-
Mempromosikan bahwa yang menggunakan
produk wardah tidak harus orang muslim saja, tetapi semua orang sudah
semestinya peduli dengan produk halal karena yang halal sudah pasti aman.
-
Mengadakan event-event fashion show hingga ke luar negri.
-
Bekerja sama dengan berbagai film untuk
menggunakan wardah sebagai make up untuk para artis yang tergabung dalam film
tersebut.
v Penilaian
Menurut saya, strategi
pemasaran yang telah digunakan wardah sangat bagus, buktinya sekarang wardah
telah menyelenggarakan fashion show
hingga ke New York. Dan produk wardah juga sudah pernah di branding
dalam film Habibie dan Ainun.
v Rekomendasi
Untuk mengatasi
kelemahan dari produk ini wardah diharapkan dapat konsisten terhadap konsep
kosmetik halal yang telah diusungnya walaupun hal tersebut mempersempit ruang
gerak bisnisnya. Karena jika wardah tetap konsisten terhadap konsepnya, maka
akan dipastikan jika konsumen kosmetik mendengar kata kosmetik yang halal dan
alami maka pasti akan teringat wardah.
Sumber Referensi :
Apakah kosmetik wardah ada efek sampingnya?
BalasHapus