Minggu, 11 Desember 2016

WARDAH COSMETIC

ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI “WARDAH COSMETIC”
(oleh : Erisa Septia Utami L1B015006 )


Wardah cosmetic adalah perusahaan kosmetik halal di Indonesia. Wardah Cosmetic menghadirkan kosmetika berformula inovatif yang aman, halal, praktis, bahkan memenuhi kebutuhan dan selera setiap wanita. Seluruh produknya telah mendapat sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia. Wardah cosmetic memakai bahan-bahan yang berkualitas dan tentu saja jelas hukum kehalalannya karena beberapa bahan yang biasa digunakan dalam kosmetik banyak yang merupakan titik kritis kehalalan seperti lemak, kolagen, elastin, ekstrak plasenta, zat penstabil vitamin, asam alfa hidroksil, dan hormon. Bahan-bahan tersebut sangat rawan karena bisa jadi berasal dari lemak hewan yang diharamkan. Wardah Cosmetic juga mempunyai berbagai produk kecantikan yaitu bedak,  lipstick, lipcream, skincare dan lain sebagainya.

v  Analisis SWOT Wardah Cosmetic
-          Strength          : produk pertama yang mengusung kata halal dalam produk kecantikan,
                          menyediakan banyak produk kecantikan, harga yang terjangkau.
-          Weakness        : ruang gerak bisnis terbatas karena mengusung kata halal
-          Opportunity    : terkenal dikalangan anak muda, produk kosmetik halal dan sehat akan  
                          booming dan menjadi trend masyarakat Indonesia yang sebagian besar
                          penduduknya memeluk agama Islam.
-          Threat             : masyarakat kurang menyadari petingnya ke-halal-an produk kosmetik
                           yang ditawarkan wardah


v  Strategi Pemasaran
-          Pengusungan label “produk halal” membuat wardah harus membangun pencitraan yang mendukung produk dengan menampilkan artis menggunakan jilbab untuk memasarkan produk.
-          Mempromosikan bahwa yang menggunakan produk wardah tidak harus orang muslim saja, tetapi semua orang sudah semestinya peduli dengan produk halal karena yang halal sudah pasti aman.
-          Mengadakan event-event fashion show hingga ke luar negri.
-          Bekerja sama dengan berbagai film untuk menggunakan wardah sebagai make up untuk para artis yang tergabung dalam film tersebut.

v  Penilaian
Menurut saya, strategi pemasaran yang telah digunakan wardah sangat bagus, buktinya sekarang wardah telah menyelenggarakan fashion show hingga ke New York. Dan produk wardah juga sudah pernah  di branding dalam film Habibie dan Ainun.

v  Rekomendasi
Untuk mengatasi kelemahan dari produk ini wardah diharapkan dapat konsisten terhadap konsep kosmetik halal yang telah diusungnya walaupun hal tersebut mempersempit ruang gerak bisnisnya. Karena jika wardah tetap konsisten terhadap konsepnya, maka akan dipastikan jika konsumen kosmetik mendengar kata kosmetik yang halal dan alami maka pasti akan teringat wardah.


Sumber Referensi :


1 komentar:

COPYRIGHT © 2016 BASIS KOMUNIKASI