Minggu, 11 Desember 2016

Lipstick Purbasari Color Matte

Analisis Strategi Komunikasi Brand Kosmetik

“Lipstick Purbasari Color Matte”

Oleh: Nadya Ulfa (L1B015029)


Sumber: Instagram Purbasari Indonesia

        Lipstick Purbasari Color Matte adalah salah satu produk kosmetik lokal buatan PT Gloria Origita Cosmetics. Lipstick ini mulai ramai diperbincangkan dan diburu sejak awal tahun 2015 hingga saat ini. Produk ini memiliki klaim yaitu “Lipstick matte yang pigmented dengan innovative formula mengandung pelembab sehingga bibir tidak kering dan tahan lama. Terasa ringan dan membuat anda tetap segar sepanjang hari”.
           Berikut ini merupakan analisis mengenai Lipstick Purbasari Color Matte dengan menggunakan teknik analisis SWOT:
                     1.         Strenght
·         Harga terjangkau (Rp 28.000 – Rp 40.000)
·         Warna lipstick bervariasi, mulai dari warna natural sampai warna cerah.
·         Kualitas sangat baik untuk sejenis lipstick dengan harga di bawah Rp 50.000.
·         Sudah terdaftar di BPOM dan mendapatkan label halal dari MUI.
·    Sudah memiliki website resmi dan akun-akun media sosial resmi seperti di instagram, twitter dan facebook.
·         Produk ini dapat dibeli di berbagai situs jual beli online seperti blibli.com, tokopedia.com, elevenia.co.id, rakuten.co.id dan lain sebagainya.

                     2.         Weakness
·         Tidak adanya counter khusus produk ini di super market maupun toko-toko kosmetik.
·         Bentuk fisik atau kemasan terkesan rapuh,  jadul dan kurang menarik.
·         Jumlah produksi tidak sebanding dengan permintaan di pasaran sehingga sering terjadinya kehabisan stok di toko online maupun offline.
·   Tampilan website dan akun resmi di media sosial yang kurang menarik dan kurang informatif.
·         Kurangnya promosi  dalam pengenalan produk dan pembentukan brand image.

                     3.         Opportunity
·     Munculnya tren lipstick matte di semua kalangan, mulai dari gadis remaja hingga wanita dewasa.
·      Terdapat banyak review dan komentar positif mengenai produk ini dari para beauty blogger maupun beauty vlogger ternama di Indonesia.
·      Adanya peminat yang cukup banyak dari produk ini di berbagai daerah di Indonesia, bukan hanya di kota-kota besar saja.

                     4.         Threats
·         Adanya anggapan bahwa produk lokal memiliki kualitas yang buruk.
·       Munculnya pesaing baru dengan produk lokal sejenis. Seperti produk lipstick dari Emina dengan kemasan yang menarik, harga yang murah dan promosi yang besar-besaran.

          Berikut ini beberapa strategi yang direkomendasikan agar dapat memperluas pangsa pasar serta agar produk ini dapat bersaing dengan produk-produk lipstick lainnya:
·         Memperbaiki kemasan agar terlihat lebih menarik.
·         Menyesuaikan jumlah produksi agar sebanding dengan permintaan pasar.
·   Menyediakan counter resmi beserta beauty advisor yang komunikatif di supermarket maupun toko kosmetik di berbagai daerah di Indonesia.
·     Melakukan promosi yang efektif dan persuasif melalui iklan televisi dan iklan youtube. Termasuk mengoptimalkan penggunaan website dan media sosial dengan memperbaiki tampilan agar lebih menarik dan informatif.
·         Mengadakan giveaway maupun digital contest secara berkala di media sosial.
·         Mengirimkan produk kepada para beauty vlogger dan beauty blogger untuk direview dan ditampilkan di blog maupun kanal youtube nya.
·    Mengadakan gathering sekaligus beauty class dengan para beauty vlogger dan beauty blogger.

Sumber Referensi:
Dari laman http://purbasari.com/ diakses pada 04/12/2016.
Dari laman http://www.racunwarnawarni.com/2016/04/all-shade-purbasari-matte-lipstick.html diakses pada 04/12/2016.
Dari laman http://mix.co.id/brand-insight/marketing-strategy/sukses-zmot-lipstik-matte-purbasari diakses pada 11/12/2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT © 2016 BASIS KOMUNIKASI