Analisis Strategi Komunikasi Brand Kosmetik
“EMINA”
“EMINA”
(Oleh:
Indah Cahyani – L1B015015)
A. Introducing
Emina merupakan brand kosmetik lokal
yang baru diluncurkan di pasaran Indonesia pada tahun 2015 kemarin. Melalui
tagline “Born To Be Loved” Emina mengingatkan
bahwa setiap wanita memiliki keunikan dan kecantikannya
masing-masing. Tidak ada yang perlu ditutupi atau pun diperbaiki dari
penampilan fisik seseorang, Emina hanya membantu menonjolkan kecantikan itu
sendiri dengan makeup yang simple dan
playful. Selain itu Emina juga
menamkan pesan positif kepada para wanita agar menjadi pribadi yang lebih baik
dengan menjadi diri sendiri, karena keunikan yang masing-masing orang miliki
itu lah yang membuat diri mereka menjadi lovable.
Selain itu Emina Juga meiliki filosofi Love, Joy, dan Dream yaitu:
B. Analisis SWOT
C. Analisis Strategi
Komunikasi
1. Brand Potitioning
Parameter penilaian yang digunakan
dilihat dari aspek kualitas yang berbanding dengan harga. Dari gambar ini dapat
diketahui bahwa Emina memposisikan dirinya sebagai Brand dengan harga
terjangkau namun memiliki kualitas yang
bagus jika dibandingkan dengan kompetitornya baik dari dalam mau pun luar
negeri.
2. Target Konsumen:
Emina cosmetic masih satu
pabrik dengan Brand ternama Wardah dan Make Over. Hanya saja target konsumennya
berbeda. Meskipun wardah juga memiliki produk yang yang menyasar remaja, tetapi
secara keseluruhan Wardah menyasar wanita dewasa, sedangan produk Make Over
lebih didominan professional. Emina sendiri hadir untuk para wanita dengan
kisaran umur 15-25, terutama remaja yang baru belajar dan suka mengeksplorasi makeup. Disaat kebanyakan
orang berpikir bahwa beauty is pain,
Emina justru ingin membawa konsep beauty is fun dengan
produknya yang memiliki warna yang trendy
dan girly namun aktif dan simple. Adapun target kelas sosialnya
adalah B, B+, B-, C.
3. Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen saat ini (current behavior) adalah mereka
menginginkan produk kosmetik yang cocok untuk kulit remaja mereka namun dengan
harga yang terjangkau. Selain itu konsumen ingin terlihat keren saat membawa
dan menggunakan produk yang desainnya juga bisa mewakili kepribadian mereka.
Biasanya produk kosmetik yang demikian cukup mahal sehingga tidak semua orang
mmampu membelinya. Untuk itu Emina
mengeluarkan produk kosmetik dengan harga yang terjangkau dan desain
packaging nya yang didodminasi oleh
warna pastel yang playful, simple, dan juga chic. Emina berharap bisa mewujudkan keinginan konsumen dan menjadi solusi dalam
hal makeup yang juga memiliki image cool dan lovable. Dengan begitu konsumen
dapat menggunakan produk tersebut di depan publik dan berbagi dengan
teman-teman mereka.
4. Pemilihan Media Pemasaran
a. Above The Line:
·
Creative print ad
·
Thematic TVC
·
Magazine Coverage
·
Digital Banner
·
Youtube Ad
b. Digital:
·
Free sample Giveaway
·
Digital contest
·
Blogger and artist endorsement
·
Blogger Giveaway at counter
c. Event
·
Themed Launching Event
·
Beauty & Nail Cass
·
GT & MT Activation
D. Penilaian
Sebagai
remaja putri yang menginginkan produk makeup dengan harga murah namun memiliki
kualitas yang bagus, saya rasa Emina adalah solusinya. Lalu dilihat dari strategi
komunikasi pemasarannya, saya rasa apa yang Emina telah lakukan cukup
efektif. Saya adalah orang yang cukup aktif di social media seperti Instagram
dan saya mem-follow beberapa akun majalah remaja di Indonesia seperti Kawanku,
Cosmo Girl, Go Girl, dan lain-lainnya. Melalui akun-akun majalah tersebut Emina
cukup aktif dalam melakukan promosi dengan bekerjasama dengan majalah-majalah tersebut untuk mengadakan Giveaway. Saya bahkan sempat berpartisipasi
dalam Giveaway dari Majalah Kawanku dan memenangkan 1 Makeup hamper dari produk
Emina itu sendiri. Sebagai konsumen saya cukup terkesan dengan kualitas dan
desain pacakaging yang ditawarkan, dan setelah mendapatkan produk ini secara
gratis saya berniat untuk membeli lagi nantinya. Saya juga yakin bahwa beberapa
pemenang lainnya yang mengikuti giveaway ini pasti mengalami pengalaman yang sama dengans aya dalam menggunakan produk ini, mereka mungkin akan melanjutkan penggunaan
produk ini untuk seterusnya. Hal ini menjadi bukti bahwa strategi komunikasi
yang digunakan melalui Giveaway cukup efektif untuk memasarkan produk emina.
Selain Giveaway, Emina
juga rajin mengadakan event beauty class
dengan menggandeng beauty vlogger terkenal seperti misalnya lizzie parra,
dan lain-lainnya. Ada juga kontes membuat
ilustrasi dan Emina turut bekerja sama dalam event jazz goes to campus.
Sumber Referensi:
Terimakasih untuk informasinya ya, bermanfaat banget.
BalasHapusOh ya, sekedar nambahin informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Rental AC Tangerang untuk keperluan berbagai acara seperti konser, pernikahan, meetup, atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik. Dengan senang hati, kami akan siap membantu Anda.
Terimakasih lagi min,
Salam blogger.