Minggu, 11 Desember 2016

Sabun Shinzu'i

Analisa Strategi Komunikasi Produk Shinzu’i
( Oleh : Sri Hermalia Wulandari / L1B015043 )


  • Analisis SWOT



Mengusung tema Jepang baik dari segi pemberian nama produk maupun desain produk yang kental dengan nuansa Japanesse Oriental Flower mampu meyakinkan konsumen jika memang benar produk ini berasal dari Negeri Sakura, khususnya di Indonesia yang kesadaran untuk menggunakan produk dalam negeri masih sangat kurang. Banyak konsumen yang tidak tahu bahwa produk Shinzu’i ini merupakan produk asli buatan PT Bina Karya Prima, Bekasi Jawa Barat, tetapi produk yang dihasilkan tidak kalah saing dengan produk luar negeri. Terbukti dengan banyaknya artikel tentang review hasil dari pemakaian produk Shinzu’i yang beredar di internet.

Selain itu Shinzu’i juga berusaha menarik minat konsumen melalui iklan yang ditayangkan di televisi yang mempromosikan produk-produk kecantikan Shinzu’i dengan desain iklan yang simple, mewah, natural dan anggun. “ Karena putih itu shinzui’i “ merupakan jargon dari produk ini juga mengindikasikan bahwa produk Shinzui’i identik dengan kulit putih. Di dalam iklan juga menegaskan produk ini sudah aman dengan menampilkan stempel “DERMATOLOGICALL TESTED” agar masyarakat lebih percaya saat menggunakan produk ini. Model iklan menggunakan gaun berwarna putih dengan lengan terbuka dimaksudkan agar kulit putih model terkesan soft dan terlihat lebih jelas, model dalam iklan ini juga berambut pendek dengan warna hitam natural dimaksudkan agar kontras dengan warna kulit putih sehingga semua mata fokus pada warna kulit.
Saat ini produk Shinzu’i sudah cukup populer di kalangan masyarakat, mengingat karakteristik asli masyarakat Indonesia yang mayoritas berkulit sawo matang, dan tidak sedikit yang mengidam-idamkan warna kulit yang putih dan sehat seperti warna kulit wanita Jepang. Dan ciri khas dari semua produk Shinzu’i yaitu mengandung Herba Matsu Oil yang bekerja sebagai whitening agent yang merupakan ekstrak dari jamur Matsuke yang berfungsi untuk mencerahkan warna kulit yang mengalami penggelapan karena terbakar oleh paparan sinar matahari dan ektstrak Bunga Sakura yang berfungsi untuk melembabkan kulit, yang kesemua bahannya hanya bisa didapatkan di Negara Jepang, inilah yang menambah nilai plus dalam produk Shinzu’i. Selain itu semua produk Shinzu’i mulai dari sabun (bar dan liquid), lulur badan, lotion dan facial wash dengan berbagai varian aroma khas Japanesse Oriental Flower yang menenangkan saat ini sudah bisa didapatkan di berbagai supermarket, minimarket, swalayan dan toserba di seluruh wilayah Indonesia dengan harga yang relatif terjangkau oleh masyarakat umum.

Pada awal kemunculan produk Shinzu’i di pasaran menggunakan metode promosi yang cukup inovatif yaitu dengan iming-iming hadiah langsung tanpa diundi yakni emas putih di dalam kemasan dan uang tunai ratusan ribu rupiah. Mungkin pada awalnya konsumen tertarik dengan hal itu, namun setelah merasakan manfaatnya akhirnya konsumen tidak lagi mencari hadiah melainkan ingin mendapatkan manfaatnya. Dan saat ini tantangan terbesar produsen Shinzu’i ialah pertama banyaknya muncul produk-produk kecantikan seperti pemutih badan secara instan karena produk Shinzu’i menjanjikan hasil dalam kurun waktu 4-6 minggu dan harus dilakukan perawatan secara rutin sesuai dengan prosedur yang sudah tertera pada kemasan. Kedua adanya produk yang mengkombinasikan antara sabun kecantikan dan kesehatan, mengingat produk Shinzu’i hanya berfokus pada sabun kecantikan yang ditargetkan untuk perempuan, padahal jika lebih ditelaah lagi banyak juga laki-laki yang menginginkan warna kulit yang putih dan sehat, sehingga sudah  bisa dipastikan pilihan untuk menggunakan produk apa di pasaran semakin bervariasi. Oleh sebab itu mungkin bisa dipertimbangkan lagi oleh produsen untuk memproduksi sabun kecantikan yang sekaligus bisa melindungi tubuh dari kuman maupun bakteri, selain itu juga membuat iklan yang mampu menarik minat kaum laki-laki untuk menggunakan produk Shinzu’i.












Sumber referensi:

Conitaadellaaa.blogspot.co.id/2016/01/analisa-iklan-shinzui-berdasarkan.html?m=1

Repository.ipb.ac.id/handle/123456789/20615.html?m=1

Princessartzhevantgon3.blogspot.co.id/2010/12/strategi-iklan-shinzui-pada-media.html?m=1

Focusomarketresearch.blogspot.co.id/2014/05/pemilihan-produk-sabun.html?m=1

Www.investasionline.net/analisis-swot-725.html?m=1

1 komentar:

  1. Produk asli jepang buatan asli pt bina karya prima.butuh iq level tinggi pahami ini😀🙈👯

    BalasHapus

COPYRIGHT © 2016 BASIS KOMUNIKASI